Jumat, 15 April 2016

Software Perpustakaan Sekolah Dengan Barcode

Software Perpustakaan Sekolah Dengan Barcode
Software Perpustakaan Sekolah dengan Barcode. Dari waktu ke waktu, ilmu tehnologi semakin maju dan berkembang. Penggunaan alat- alat manual sudah banyak yang tergantikan dengan peralatan modern dengan menggunakan tehlogi yang sangat canggih, contoh kecilnya saja dalam hal Software Perpustakaan sekolah dengan sistem tehnologi barcode. Mungkin anda masih penasaran dengan istilah barcode ini. Baiklah disini akan sedikit di jelaskan tentang apa itu barcode. 

Barcode  atau kode palang (bahasa Inggrisbarcode) adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang. Sumber Wikipedia.

Software Perpustakaan Sekolah Dengan Barcode

Setelah mengetahui penjelasan dan pengertian dari arti barcode tersebut, maka kita kembali lagi dengan pokok pembahasan kita, yaitu Software Perpustakaan Sekolah Support Barcode. Mengapa mebarcodnggunakan tehnologi barcode pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah? ya agar mempermudah dalam proses transaksi administrasi di perpustakaan, baik itu ketika melakukan pencarian buku, peminjaman dan pengembalian buku oleh anggota dan yang lain, yang intinya akan mempermudah dalam proses administrasi. 

Jika Program Aplikasi Perpustakaan di lengkapi dengan Fitur Barcode, maka saat ada anggota yang melakukan peminjaman buku, cukup dengan mengarahkan Kartu Anggota Perpustakaan ke Barcode scaner / Barcode reader yang di hubungkan dengan Software Aplikasi Perpustakaan Sekolah, maka semua data anggota tersebut akan tdi tampilkan di form peminjaman. Begitu juga untuk buku yang di pinjam, tinggal barcode yang ada di buku di scan menggunakan barcode scaner / Barcode yang ada pada buku di arahkan ke barcode scaner. Maka data buku tersebut akan tampil dan proses peminjaman buku siap dilakukan. Tentunya sangat mudah dan praktis bukan... :)

Penggunaan Tehnologi Barcode pada Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah saat ini sudah banyak sekali, hampir semua Software Aplikasi Perpus sudah di lengkapi dengan Fitur Tersebut. Contohnya saja aplikasi Simple Perpus yang telah di kembangkan oleh Ichasoft. Program Administrasi Perpustakaan tersebut sudah di lengkapi dengan Fitur Barcode, Juga sudah di lengkapi juga dengan Fitur untuk Mencetak Kartu Anggota Perpustakaan. Jika anda ingin mencoba Aplikasi Tersebut silakan download Software Perpustakaan Sekolah Dengan Barcode di akhir postingan ini. 

Link Download 

Klik tombol like dan bagikan ke teman:
Bagikan artikel lewat :

0 komentar:

Posting Komentar